Riris Alien

Notes of a little girl who wishes to see the world which is too big for her

Apa Itu Dwilogi, Trilogi, dan Tetralogi?



Mengapa saya menulis posting seperti ini? Tentu saja saya memiliki alasan mengapa saya memutuskan untuk menulis posting dengan judul seperti  tertera di atas. Mungkin bagi Anda yang sudah tahu, akan menganggap bodoh tulisan saya ini. Tapi baiklah, saya ceritakan dahulu kisahnya (memangnya dongeng?).
Di kota saya, Purwokerto, ada sebuah toko buku yang sangat terkenal. Namanya toko buku Gramedia, atau sering disebut Gramed saja. Di kota Anda juga ada kan? Nah, pada suatu hari di Gramed, saat saya sedang window-shopping (sungguh tak modal, tapi saya juga sering beli buku di sana kok, walaupun tidak selalu), teman saya tiba-tiba menghampiri saya yang sedang berada di bagian buku-buku tentang politik (hmm, saya sebenarnya tidak suka politik, hanya melihat-lihat saja, lebih baik beli novel atau buku agama kan? Itu sih menurut saya).Teman saya yang mengaku bernama Aulia (tapi sering nengok juga kalau dipanggil Ollie!!!) itu bercerita kalau dia baru saja dari bagian novel-novel. Katanya di sana ada seorang anak yang sedang melihat-lihat novel juga dan berkata "Wah, Sang Pemimpi (dengan cover terbaru) dah keluar neh!!" serunya girang, lalu dia berkata lagi "Eh, tetralogi itu apa sih?", pasti Anda tahu kan kalau Sang Pemimpi itu merupakan sekuel dari tetralogi Laskar Pelangi? Nah, mungkin anak tersebut membaca tulisan di bagian atas novel Sang Pemimpi dan bingung karena tidak tahu apa arti tetralogi.
Lantas anak yang berada di dekatnya, yang mungkin adalah temannya (tapi bukan teman saya) itupun menjawab "Hmmm, ga tau. Mungkin ilmu tentang tetra gitu deh." Teman saya yang bernama Ollie itupun langsung menimpali "Ya bukanlah," katanya tanpa menjelaskan sambil ngeloyor pergi menghampiri saya.
Begitu selesai mendengar cerita teman itupun, saya langsung tertawa. Wah, masa sih di zaman yang sudah semaju ini, masih ada orang yang tidak tahu apa itu tetralogi. Nah,maka itu, saya akan menjelaskannya melalui posting ini. Supaya saat saya ke Gramed nanti, saya tidak akan bertemu dengan orang yang tidak tahu apa itu tetralogi.


Well, pertama kita mulai dari dwilogi, dwilogi adalah kumpulan buku yang ceritanya saling berkesinambungan dan terdiri dari dua seri. Jarang sekali ada buku yang terdiri dari dua seri. Biasanya tak berseri, tiga seri, atau empat seri. Sejujurnya saya tidak punya buku dwilogi.

Kedua, trilogi, kalau dwilogi terdiri dari dua seri, trilogi terdiri dari tiga seri. Contohnya adalah trilogi His Dark Materials karya Philip Pullman, yang terdiri dari The Golden Compass, The Subtle Knife, dan The Amber Spyglass. Seri pertama dari novel ini bahkan sudah difilmkan dengan Dakota Blue Richards (idola gw nehh!!) sebagai tokoh utamanya. Lalu juga ada aktor dan aktris lain seperti Daniel Craig, Nicole Kidman, dan ada juga Freddie Highmore (idola gw!!!!! Walaupun di sini cuma main sebagai dubber sih...).

Ketiga, tetralogi merupakan kumpulan buku yang ceritanya saling berkelanjutan dan terdiri dari empat seri. Contohnya adalah tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata yang terdiri dari Laskar Pelangi, Sang Pemimpi yang keduanya sudah difilmkan, lalu Edensor, dan terakhir Maryamah Karpov. Contoh lainnya adalah tetralogi Ember karya Jeanne DuPrau yang terdiri dari The City of Ember, yang sudah difilmkan, lalu The People of Sparks, The Prophet of Yonwood, dan The diamond of Darkhold. Lalu ada pula tetralogi Ingo karya Helen Dunmore yang terdiri dari Ingo, Tide Knot, Deep, dan terakhir adalah Crossing the Ingo. Ya mungkin nanti saya akan membuat resensi mengenai tetarlogi yang satu ini.

Oke, mudah-mudahan postingan saya kali ini dapat berguna bagi Anda. Mohon maaf bila ada kesalahan, saya kan juga manusia.....
:D
C U in my next article!

31 comments:

Jangan Salah ...
postingan Anda ini sangat bermanfaat ...
Makasih banget yah, saya juga tadinya bingung pas searching Padang bulan Andrea hirata, kenapa yang keluar ada dwilogi Padang bulan & Cinta dalam Gelas ....
ternyata maksudnya berseri toh, ahahahaahah
maklum dadakan jadi pembaca gara2 gebetan seneng novel =="
makasih makasih makasih .....

 

thx yya :)
postingx bermanfaat :)
q yg smula g tau apa tuh tetralogi jdi tau :D
makasih

 

oohh begitu, yaa... :)
Makasii atas infonya. Baru tau juga, nehh padahal suka nulis cerita...

 

hahahha. thanks

 

kamsia yah!

 

Riri...wah postingannya bermanfaat banget...gak usah ragu deh kalau mau posting yg menurut kamu spele,tp menurut orang lain penting banget... thanks ya postingannya manfaat juga kok buat saya :)

 

salam kenal :)

 

Bagimana kalau film THE MATRIX, LORD OF THE RING, Film itu juga disebut - sebut sebagai Trilogi. Juga film BATMAN yang menghebohkan disebut - sebut film Trilogi. Apakah bukan karena ceritanya melibatkan 3 pihak yang punya kepentingan. Misalnya Polisi sbg penegak hukum, penjahat dan BATMAN sendiri sebagai orang ymg tidak trima dng perlakuan jahat dan dia bertindak sendiri. Demikian juga dng LORD OF THE RING, bukankah ada 3 pihak yng terlibat. Bagaima menurut anda. Saya tidak paham benar hanya coba reka2. Balas ya. Thanks

 

postigannya sangat membantu bagi rekan-rekan kita yang belum tahu, keep writing. #salamblogger mari mampir ke blog saya aguskudo.blogspot.com :)

 

terlihat sangat simple memang, tapi sungguh bermanfaat..
makna yg simple tpi banyak yg gak tau termasuk sya haha. Thanks!

 

terlihat sangat simple memang, tapi sungguh bermanfaat..
makna yg simple tpi banyak yg gak tau termasuk sya haha. Thanks!

 

Ini sangat bermanfaat untuk saya. Terimakasih banyak atas postingannya, semoga di postingan lain bisa lebih bermanfaat dari yang ini. Keep writing with your best! :)

 

sangat bermanfaat postingannya... terima kasih banyak...

 

Anda jangan salah menerka postingan diatas, maksud dari dwilogi, trilogi dan tetralogi, cerita yang memiliki judul atau jalan cerita yang berbeda tapi saling bekesinambungan ceritanya, kalau the lord of the rings itu tidak bisa dibilang trilogi karena ceritanya berseri dari awal the lord of the rings satu sampai yang ketiga, tapi kalau karyanya seperti tetralogi laskar pelangi itu baru dibilang tetralogi, karena awal ceritanya dari laskar pelangi trus menjadi cerita yang berbeda di sang pemimpi begitu seterusnya, intinya cerita yang berbeda tapi memiliki sumber yang sama.
The lord of the rings atau batman itu serial cerita karena tiap cerita musuhnya berbeda beda, dan tidak bergantung pada cerita yang pertama, begitu bang :)

 

kalau supernova yang terdiri dari 5 bagian, apa namanya?

 

Kalau kata Trilogi di kaitkan dengan kehidupan bisa nggak ya Ris, terima kasih..

 

Klo dwilogi 2, trilogi 3, tetralogi 4, klo 5 apa?

 

Sip...
It's really usefull for many people. Thanks a lot...

 

Bermanfaat. Akhirnya saya tahu bedanya ketiga kata itu.

 
This comment has been removed by the author.
 

Bermanfaat sekali, terimakasih

 

Bermanfaat sekali, terimakasih

 

Makasih kak, aku yang bego jadi ga bego bego amat jadinya. Hehehe thanks yaaa

 

Klo ada lima buku, namanya pentalogi.

 

Maaf gua baru tau juga, thanks ya ...

 

Series. Atau dalam film, Sequel?

 

terima kasih atas ilmunya dan jangan lupa kunjungi ppns.ac.id dan candukumusik.wordpress.com

 

Terimakasih sangat mencerahkan

 

Post a Comment